Pilihan Jasa Sewa Rental Terlengkap di Indonesia untuk Semua Kebutuhan dengan Harga Terbaik
Punya Bisnis Sewa Rental?

Plat Z dan Plat T Daerah Mana? Berikut Informasinya untuk Anda!

12 May 2024

Plat Z atau Nomor kendaraan dengan kode Z berasal dari daerah Jawa Barat tepatnya berasal dari daerah Banjar, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, dan Sumedang. Sedangkan untuk plat T merupakan kode plat nomor yang berasal dari daerah Subang, Purwakarta, dan Karawang. Sebelum membahas lebih lanjut asal daerah untuk plat Z dan plat T, perlu diketahui bahwa saat ini terdapat sebanyak 55 kode plat nomor yang tersebar di seluruh Indonesia. 


Berikut adalah daftar 55 kode plat nomor yang ada di Indonesia tersebut.


Plat A, plat B, plat AA, plat AD, plat K, plat R, plat G, plat H, plat AB, plat D, plat F, plat E, plat Z, plat T, plat AG, plat AE, plat L, plat M, plat N, plat S, plat W, plat P, plat DK, plat ED, plat EA, plat EB, plat DH, plat DR, plat KU, plat KT, plat KH, plat KB, plat DA, plat DC, plat DD, plat DN, plat DT, plat DL, plat DM, plat DB, plat BA, plat BB, plat BD, plat BE, plat BG, plat BH, plat BK, plat BL, plat BM, plat BN, plat BP, plat DE, plat DG, plat PA, dan plat PB.

 

Plat Z daerah mana?

Kembali ke pertanyaan plat Z dari daerah mana? Plat Nomor kendaraan yang diawali dengan kode huruf Z ini adalah untuk mengidentifikasi kendaraan yang berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat, tepatnya di kota Banjar, Garut, Ciamis, Tasikmalaya (Kota & Kabupaten), Pangandaran, dan Sumedang. 

 

Cari Rental Mobil, Motor, Alat Berat dan Lainnya?

Dapatkan Layanan Jasa Sewa Rental Terbaik dan Harga Menarik untuk Semua Kebutuhan : Mobil, Motor, Alat berat Hingga Drone
di Carirental.com


dan untuk Anda para pemilik Jasa Bisnis Sewa Rental

Pasang Iklan Rental di Sini. GRATIS!


Adapun untuk membedakan kendaraan yang berasal dari masing-masing kota tersebut, dapat dilihat melalui Huruf pada kode belakang yang digunakan, berikut kode huruf belakang wilayah yang digunakan tersebut.


- Untuk Kota Banjar kode huruf belakang yang digunakan adalah X/Y/Z, contohnya yaitu Z 4321 XI
- Untuk Kota Tasikmalaya kode huruf belakang yang digunakan adalah H/I/J contohnya yaitu Z 4321 H
- Untuk Kab. Tasikmalaya kode huruf belakang yang digunakan adalah K/L/M/N/O/P/Q/R/S contohnya yaitu Z 4321 LR
- Untuk Kota Kab. Ciamis kode huruf belakang yang digunakan adalah T/U/V contohnya yaitu Z 4321 UK
- Untuk Kota Kab. Garut kode huruf belakang yang digunakan adalah D/E/F/G contohnya yaitu Z 4321 FR
- Untuk Kota Kab. Pangandaran  kode huruf belakang yang digunakan adalah W contohnya yaitu Z 4321 BI
- Untuk Kota Kab. Sumedang  kode huruf belakang yang digunakan adalah A/B/C Z 4321 CB

Alamat Kantor Samsat Kota Banjar, Garut, Ciamis, Tasikmalaya (Kota & Kabupaten), Pangandaran, dan Sumedang. 

Berikut adalah alamat lengkap Samsat masing-masing kota dan kabupaten untuk pengurusan pajak dan perpanjangan Plat Z 5 tahunan. 


Baca Juga : Ini Dia Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Kendaraan di Seluruh Indonesia


1. Alamat Kantor Samsat Kota Banjar
Jl. Gerilya Pamongkoran Banjar, Kec. Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Kode Pos 46311, No. Telp (0265) 744627 / Fax (0265) 744627).


Lokasi Samsat Banjar berada di sebelah selatan dan berseberangan dengan Kantor Kejaksaan Negeri Kota Banjar berjarak sekitar 270 meter. Jika Anda masih kesulitan menemukan lokasi Samsat Banjar, silahkan gunakan layanan google maps.


2. Alamat Kantor Samsat Kota Garut
Jl. Suherman No. 65, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. No. Telp : (0262) 233816 /No. Fax : (0262) 233816.


3. Alamat kantor Samsat Kab. Ciamis
Jl. Jenderal Sudirman nomor 231, Sidangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dengan kode pos 46215.


4. Alamat Kantor Samsat Kota Tasikmalaya 
Jl. Ir. H. Juanda, Sukamulya, Kec.Bungursari, Tasikmalaya, Jawa Barat 46151. No Telepon : (0256) 335107 / No. Fax : (0256) 335107.


5. Alamat Kantor Samsat Kab. Tasikmalaya
Jl. Raya Karangnunggal, Sukaraja, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. No Telp : (0265) 566917 / No. Fax : (0265) 566917.


Tasikmalaya memiliki 2 induk samsat, jika kendaraan anda terdaftar di samsat kabupaten, maka anda bisa membayar pajak di samsat kabupaten.


6. Alamat Kantor Samsat Kota Pangandaran
Alamat lengkap yaitu di Jl. Raya Pangandaran Kecamatan Parigi km. 2 Pangandaran. Anda bisa menghubungi kantor Samsat Pangandaran melalui nomor (0265) 639331 atau bisa menggunakan fax dengan alamat (0265) 639331.


7. Alamat Kantor Samsat Kota Sumedang
Samsat Induk sumedang Pindah ke Jl. Prabu Gajah Agung, By pas sendang, di dekat pom bensin dan Tugu tahu.


Anda bisa juga cek informasi Plat Tasikmalaya secara singkat via SMS, dengan format untuk Info<spasi>huruf depan plat/angka plat/huruf akhir plat<spasi>warna plat. Contoh : INFO D/3068/ACY Hitam, kirim ke 08112119211

Plat T daerah mana?

Plat nomor dengan kode huruf T, sebagaimana telah disebutkan di atas merupakan kode plat nomor kendaraan yang juga digunakan untuk beberapa daerah di Jawa Barat, antara lain, Subang, Purwakarta, dan Karawang. 


Provinsi Jawa Barat sendiri memiliki wilayah yang dapat dibilang cukup luas, oleh karena itu selain kode plat Z dan T terdapat juga kode plat nomor lain yang digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan dari daerah-daerah lainnya. 


Adapun untuk membedakan kendaraan yang berasal dari masing-masing kota dan kabupaten yang menggunakan Plat T tersebut, dapat dilihat melalui huruf pada kode belakang berikut.


- Untuk Kab. Karawang kode huruf belakang yang digunakan adalah D/E/F/G/H/I//J/K/L /M/N/O/P/Q/R/S contohnya yaitu T 4321 KI
- Untuk Kab. Purwakarta kode huruf belakang yang digunakan adalah A/B/C contohnya yaitu T 4321 BD
- Untuk Kab. Subang kode huruf belakang yang digunakan adalah T/U/V/W/X/Y/Z contohnya yaitu T 4321 W
- Untuk (Sebagian) Kab. Bekasi kode huruf belakang yang digunakan adalah T/U/V/W/X/Y/Z contohnya yaitu T 4321 VI

Alamat Kantor Samsat Kota Subang, Purwakarta, dan Karawang. 

Berikut adalah alamat lengkap Samsat masing-masing kota dan kabupaten untuk pengurusan pajak dan perpanjangan Plat Z 5 tahunan. 


Baca Juga: Syarat Mengambil BPKB & 3 contoh Surat Kuasa untuk Anda yang Tidak Sempat


1. Alamat Kantor Samsat Kota Subang
Jl. K.S Tubun nomor 8 Cigadung, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat dengan kode pos 41211.


Jika ada sesuatu yang mendesak anda juga bisa menghubungi kantor Samsat Subang di nomor (0260) 411026 atau melalui fax dengan alamat (0260) 411026.


2. Alamat Kantor Samsat Karawang
Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 98, Nagasari, Kec. Karawang, Kab. Karawang, Jawa Barat, 41314. No. Telepon : (0267) 402656 / No. Fax : (0264) 402656.


Alamat diatas adalah alamat baru samsat karawang, karena beberapa waktu yang lalu pindah kantor.


3. Alamat Kantor Samsat Purwakarta
Jl. Mekarsari I No. 33, Purwamekar, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41114. No Telp : (0264) 200502 / No. Fax: (0264) 200502.


Alamat diatas adalah alamat samsat induk kabupaten Purwakarta. terdapat beberapa layanan yang diberikan pemerintah Jawa Barat untuk masyarakat Purwakarta mengurusi pembayaran pajak kendaraan bermotor, antara lain : Samsat Keliling, Samsat Desa, dan Pembayaran Pajak Secara Online.

Ukuran Plat Nomor Kendaraan

Plat nomor mobil terbaru sebagai identitas yang telah terdaftar secara resmi serta mempunyai perbedaan dengan mobil lainnya. Menurut aturan yang telah ditetapkan oleh Korps Lantas Mabes Polri, per April 2011, saat ini plat mobil sudah bisa menampung tiga huruf di belakangnya. Dengan demikian, ukuran plat nomor mobil terbaru saat ini mencakup panjang 430 mm dan lebar 135 mm. Ukuran ini haruslah tepat, karena ukuran yang terlalu besar maupun terlalu kecil akan dikenakan sanksi.


Selain ukuran, ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam plat nomor mobil. Jangan sampai kamu melakukan modifikasi plat dengan model modifikasi yang dilarang.


Contoh plat nomor yang dilarang adalah modifikasi angka atau huruf yang membentuk kata tertentu, modifikasi angka dan huruf digital, plat ditempel stiker, angka plat dicetak miring, dan lain sebagainya.

Plat Nomor Putih

Kebijakan penggantian plat nomor kendaraan putih sebelumnya diatur dalam Perpol Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Pada Pasal 45, dijelaskan bahwa plat nomor untuk kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, PNA, dan Badan Internasional akan berubah menjadi warna putih dengan tulisan hitam.


Jika kita perhatikan, saat ini telah cukup banyak kendaraan-kendaraan yang sudah menggunakan plat nomor berwarna putih ini berlalu lalang di sekitar kita.

Cari Rental Mobil Terbaik di Kota Anda?

Apabila saat ini Anda tengah mencari layanan sewa mobil sesuai dengan wilayah / kota tempat tinggal, silahkan kunjungi daftar layanan sewa rental mobil terlengkap di seluruh kota Indonesia. Kami berusaha memberikan informasi penyedia jasa sewa rentall mobil, baik perorangan maupun perusahaan dengan kredibilitas dan pelayanan yang profesional. Sehingga Anda dapat menggunakan layanan dengan aman, cepat dan nyaman.


Artikel ini disajikan oleh tim Carirental.com dan telah dihimpun dari berbagai sumber informasi. Carirental.com sendiri merupakan website direktori yang menyediakan daftar penyedia bisnis jasa sewa rental yang terdapat di seluruh Indonesia.


Jika Anda ingin mencari jasa sewa rental mobil, motor, alat berat, drone dan lainnya, Anda dapat mencarinya melalui daftar jasa sewa rental yang kami sediakan dalam beragam kategori dan kota yang ingin dimana Anda berada. Atau jika Anda ingin membuat iklan bisnis rental yang Anda miliki silahkan gunakan layanan pasang iklan rental mobil, motor, alat berat atau drone dan lainnya secara GRATIS.