Pilihan Jasa Sewa Rental Terlengkap di Indonesia untuk Semua Kebutuhan dengan Harga Terbaik
Punya Bisnis Sewa Rental?

Plat S dan Plat W Daerah Mana? Berikut Informasinya untuk Anda!

14 May 2024
Plat S dan Plat W Daerah Mana? Berikut Informasinya untuk Anda!
Sumber: Jawapos.com

Nomor kendaraan dengan kode S merupakan plat nomor yang berasal dari daerah Jawa Timur tepatnya berasal dari Tuban, Jombang, Bojonegoro, Lamongan, dan Mojokerto. Lalu untuk plat W dari daerah mana? Masih dari daerah Jawa Timur, Plat W merupakan kode plat nomor dari wilayah Gresik dan Sidoarjo. Kedua kode plat tersebut, baik S maupun W menjadi salah satu nomor kendaraan yang cukup sering dicari tahu oleh masyarakat. 


Sebagaimana diketahui, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor yang ada di Indonesia terdiri dari dua baris kode huruf dan angka yang masing-masing memiliki arti tersendiri. Huruf awal pada baris pertama merupakan kode wilayah tempat kendaraan yang didaftarkan, adapun nomor polisi di bagian tengah. Sementara di bagian belakang adalah kode kabupaten atau kota tempat kendaraan tersebut berasal.


Sedangkan untuk empat angka di baris bawah menunjukkan bulan dan tahun penanda habisnya masa berlaku plat nomor kendaraan. Maka itu, pemilik kendaraan perlu melakukan pembayaran pajak setiap setahun sekali dan lima tahun sekali untuk mengurus STNK.

 

Baca Juga:
- Kode Plat Nomor Kendaraan di Seluruh Daerah Indonesia
- Plat Z dan Plat T Daerah Mana? Berikut Informasinya untuk Anda!
- Kendaraan dengan Kode Plat N Daerah Mana? Ini Dia Jawabannya.
- Kode Plat BH dan BM Daerah Mana? Cek Infonya di Sini.
- Kota Asal Kode Plat A dan Kode Plat B Beserta Wilayah-Wilayahnya

 

Kode Plat S

Berikut penjelasan detail mengenai plat nomor dengan kode huruf S beserta dengan daerah asalnya masing-masing:

Kabupaten Tuban: S dengan kode plat nomor belakang E*/F*/G*/H*, misalnya S 1234 EZ.

Kabupaten Bojonegoro: S dengan kode plat nomor belakang A*/B*/C*/D*, misalnya S 1234 DH.

Kabupaten Jombang: S dengan kode plat nomor belakang W*/X*/Y*/Z*, misalnya S 1234 YA.

Kabupaten Mojokerto: S dengan kode plat nomor belakang S*/T*/U*/V*, misalnya S 1234 SI.

Kabupaten Lamongan: S dengan kode plat nomor belakang I*/J*/K*/L*, misalnya S 1234 IQ.

Pengurusan Pajak Plat S & Kendaraan Wilayah Tuban

Bagi Anda yang ingin membayar pajak atau mengurus surat-surat kendaraan di wilayah Tuban, dapat langsung mengunjungi SAMSAT TUBAN yang beralamat di Jl.Teuku Umar No.03, Latsari, Kec. Tuban, Kab. Tuban, Jawa Timur 62314.


Jenis pelayanan yang dapat Anda lakukan melalui kantor Samsat Tuban yaitu proses pembayaran pajak, ganti plat 5 tahunan, bea balik nama, dan proses mutasi kendaraan bermotor dari dalam dan luar daerah. Bagi anda yang berasal dari luar daerah dan ingin membayar pajak plat luar kota atau ganti plat 5 tahunan, Anda pun dapat melakukannya melalui program Samsat Link (khusus provinsi Jawa Timur) yang disediakan oleh Samsat Tuban.


Bagi Anda yang ingin mengunjungi Samsat Tuban untuk melakukan pengurusan surat-surat kendaraan berikut jadwal pelayanan di KB Samsat Induk Tuban, yaitu :


SENIN - KAMIS mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB 

JUMAT mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB

SABTU mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB


Sedangkan untuk Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi kantor Samsat, dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan yang Anda miliki melalui Samsat keliling yang terjadwal setiap hari dengan lokasi berada di Supermarket BRAVO TUBAN.

Kode Plat W

Mungkin Anda pernah melihat nomor plat W di jalanan dan bertanya-tanya dari daerah manakah plat nomor W tersebut berasal? Seperti diketahui, pada plat nomor terdapat 3 kode yang tersusun yaitu kode awal huruf, kode angka, dan kode belakang huruf, yang berfungsi untuk menunjukkan asal daerah kendaraan. Melalui pola penomoran demikian, maka setiap kendaraan akan lebih mudah teridentifikasi asal daerah dan wilayah wajib pajak kendaraan tersebut, khususnya dari kode awal huruf yang digunakan.


Lalu, untuk kendaraan dengan kode plat W sendiri tercatat berasal dari Kota Sidoarjo dan Gresik. Adapun untuk informasi lebih detail dan lebih spesifik mengenai daftar kode plat W Wilayah Sidoarjo dan Gresik dapat dilihat dari huruf awal yang digunakan pada 3 kode huruf belakang yang digunakan, berikut penjelasannya.


Pada kendaraan-kendaraan yang berasal dari Kabupaten Sidoarjo huruf awal yang digunakan pada kode belakang plat nomor adalah A/B/C/D/E/F/G/H/I/J/K/L/M. Contoh plat nomor W yang berasal dari Sidoarjo seperti W 1234 AZ.


Sedangkan pada kendaraan-kendaraan yang berasal dari kabupaten Gresik huruf awal yang digunakan pada kode belakang plat nomor adalah N/O/P/Q/R/S/T/U/V/W/X/Y/Z. Contoh plat nomor W yang berasal dari Gresik adalah W 1234 QT.

Cara Cek Pajak Kendaraan Sidoarjo dan Gresik (Jatim)

Bagi Anda warga Sidoarjo dan Gresik Pemerintah Jawa Timur telah menyediakan layanan cek pajak kendaraan melalui online. Sehingga setiap proses menjadi lebih mudah dan cepat, tanpa harus repot untuk mendatangi kantor Samsat terdekat secara langsung. Dikutip dari laman Auto2000, berikut beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk cek pajak kendaraan di wilayah Jatim.

 

1. Melalui Website

Layanan e-samsat Jatim dapat Anda gunakan untuk mengecek pajak kendaraan asal Sidoarjo dan sekitarnya secara online. Untuk cek pajak kendaraan asal Sidoarjo via e-samsat Jatim, silakan Anda kunjungi website info.dipendajatim.go.id, lalu pilih menu Info Pajak Kendaraan Bermotor (Info PKB) dan masukkan nomor plat kendaraan Anda pada kolom yang disediakan.


2. Cek Via *368#

Selain SMS, Anda bisa memanfaatkan Unstructure Supplementary Service Data (USSD) pada menu telepon di handphone Anda. Cukup ketikkan *368# lalu tekan enter atau telepon.

Setelah itu, layar telepon akan menampilkan informasi seperti ini:

Info Ranmor

Info Pajak Ranmor

Pajak Reminder

Info SIMLING

Info SAMLINGING, info SAMLING.


Setelah itu akan muncul informasi mengenai Merk, model, tahun, warna, No. rangka dan No. mesin. Info pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan Total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya.


3. Melalui SMS

Bagi Anda pengguna handphone non-jaringan internet, Anda tetap dapat mengecek pajak menggunakan handphone via layanan SMS. Untuk cek pajak kendaraan Sidoarjo via SMS, silakan kirim SMS dengan format “JATIM <spasi> Nomor plat Kendaraan”, kirim ke nomor 7070.

Sayangnya untuk plat nomor Jambi ini kita tidak bisa cek pajak kendaraan melalui SMS Gateway. Mengapa demikian karena, untuk saat ini hanya bisa dilakukan untuk kendaraan dengan kode plat B, D, E, F, T dan Z.


Demikian informasi mengenai plat nomor W dan S yang berasal dari wilayah Jawa Timur beserta pengecekan pajak kendaraan tersebut. Bagi Anda yang saat ini hendak berkunjung ke wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya dan sekitarnya, Anda dapat menggunakan jasa sewa rental mobil Surabaya terpercaya melalui daftar jasa sewa rental mobil Surabaya yang tersedia di Carirental.com. Jasa sewa rental yang kami sediakan dipastikan telah melalui proses verifikasi, sehingga dapat dipercaya dan memiliki pelayanan yang profesional.