Pilihan Jasa Sewa Rental Terlengkap di Indonesia untuk Semua Kebutuhan dengan Harga Terbaik
Punya Bisnis Sewa Rental?

Tips Mendapatkan Jasa Rental Mobil Terbaik & Aman di Jakarta

13 Apr 2023

Permintaan jasa sewa rental mobil di Jakarta dan di kota besar lain pada saat menjelang lebaran seperti sekarang ini dipastikan sangatlah tinggi. Lebaran merupakan salah satu momen di mana jasa rental mobil sangat dibutuhkan selain momen libur Nataru (Natal dan Tahun baru). Meskipun terdapat cukup banyak penyedia jasa rental yang beroperasi, baik perorangan maupun perusahaan, namun umumnya ketersediaan unit mobil seringkali belum mampu mencukupi seluruh permintaan dari konsumen yang membutuhkan.


Menyikapi hal tersebut, tidak sedikit penyedia jasa rental yang mencoba memenuhi tingginya permintaan tersebut dengan menggunakan mobil-mobil yang kualitasnya kurang maksimal. Memang tidak semua, bahkan mungkin hanya beberapa penyedia jasa rental saja, namun hal ini perlu menjadi perhatian user atau konsumen agar bisa lebih teliti saat memilih jasa rental mobil demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.  


Guna menyikapi hal tersebut, Carirental.com sebagai direktori jasa sewa rental mobil murah, terbaik dan terlengkap di Indonesia memiliki beberapa tips untuk Anda agar tetap bisa mendapatkan layanan rental mobil terbaik dan aman pada momen-momen khusus di mana persediaan unit mobil sulit untuk didapatkan, seperti pada momen lebaran saat ini atau momen libur Nataru.

Berikut tips mencari dan mendapatkan jasa rental mobil terbaik dan aman di Jakarta 

Kunjungi lokasi kantor

Hal utama yang dapat Anda lakukan untuk memastikan agar bisa mendapatkan jasa rental mobil terbaik dan aman adalah mengunjungi langsung lokasi atau kantor layanan rental tersebut. Dengan mendatanginya secara langsung maka Anda dapat memastikan bahwa layanan rental mobil tersebut memiliki alamat kantor yang jelas. Demikian pula jika jasa rental yang akan digunakan merupakan rental perorangan, paling tidak dengan mendatangi langsung lokasi di mana layanan itu berada, Anda dapat melihat secara langsung dan menilai apakah layanan yang ditawarkan dapat dipercaya atau tidak. 


Jika Anda tidak sempat untuk mendatangi secara langsung, paling tidak cari terlebih dahulu informasi sebanyak-banyaknya mengenai layanan atau jasa rental mobil di Jakarta yang akan Anda gunakan. Jika perlu, cari juga informasi mengenai beberapa rental mobil lain untuk komparasi sebagai bahan pertimbangan.


Adapun informasi yang Anda bisa kumpulkan antara lain mengenai alamat lengkap dan nomor kontak yang dapat dihubungi, unit mobil yang disediakan untuk bisa disewa, rincian informasi biaya, sistem sewa yang diberikan, resiko penggunaan atau syarat dan ketentuan, serta informasi lainnya.

Cek Pelayanan 

Pastikan Anda memilih jasa rental mobil yang memiliki kontak yang jelas untuk dihubungi. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka akan lebih mudah untuk menghubungi layanan rental mobil yang Anda gunakan tersebut. Jangan lupa pula untuk melakukan survey terhadap setiap jenis mobil dari beberapa jasa penyedia sewa mobil berbeda agar kita bisa mendapatkan harga sewa sesuai budget dan tanpa adanya biaya tambahan setelah menyewa. Jangan sampai hal ini merugikan kita.


Dapatkan informasi yang akurat apakah ada tambahan biaya seperti biaya bensin dan biaya supir serta apakah bisa lepas kunci atau tidak. Biasanya beberapa rental mobil tidak menyediakan opsi ini.


Rental mobil yang terpercaya akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumennya. Hal ini dilakukan supaya bisa menarik perhatian calon konsumen dan membuat konsumen loyal. Pelayanan terbaik dapat diberikan dengan tatap muka yang ramah, bersedia memberi informasi yang jelas mengenai rental mobil, dan menjawab pertanyaan dengan bijak.


Baca Juga : 3 Faktor Penyebab Lonjakan Kebutuhan Rental Mobil Saat Lebaran 


Cek Unit Mobil Rental

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa unit mobil yang disediakan. Pastikan bahwa jasa rental mobil tersebut menyediakan beragam jenis mobil sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menemukan mobil yang Anda butuhkan. 


Perlu Anda tahu, orang-orang menyewa mobil untuk kebutuhan yang beragam mulai dari kendaraan untuk mudik, perjalanan bisnis, sampai untuk keperluan mobil pengantin. Tentu saja, masing-masing kebutuhan tersebut akan membutuhkan jenis mobil yang berbeda. Sebagai contoh, pelanggan yang membutuhkan kendaraan untuk mudik akan mencari jenis mobil dengan kapasitas penumpang yang besar. Sedangkan pelanggan yang mencari mobil pengantin akan lebih fokus pada tampilan mobil yang mewah dan elegan.


Rental mobil yang profesional dan kredibel tentu mampu memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Di sisi lain, sebagai pelanggan, Anda juga akan merasa lebih tenang karena banyaknya pilihan mobil yang disediakan sehingga dapat dengan mudah menemukan jenis mobil yang dibutuhkan.

Memiliki Driver Profesional

Jika Anda ingin menggunakan layanan sewa mobil dengan driver, maka Anda harus memeriksa bahwa perusahaan tersebut menyediakan driver profesional yang menguasai berbagai medan perjalanan. Selain itu, driver yang disediakan juga harus memahami rute perjalanan yang akan Anda tempuh.


Hal ini perlu menjadi salah satu prioritas yang penting untuk diperhatikan saat memilih jasa rental mobil demi keamanan Anda selama di perjalanan. Untuk menambah rasa nyaman saat di perjalanan, Anda mungkin juga perlu memastikan bahwa perusahaan rental mobil tersebut menyediakan driver yang sopan, ramah, dan memiliki attitude yang baik.

Menawarkan Biaya Sewa Secara Transparan

Untuk meminimalisir adanya biaya-biaya tambahan, Anda juga perlu memilih perusahaan rental mobil yang menginformasikan biaya sewa secara transparan tanpa ada biaya yang tersembunyi. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu apakah biaya sewa yang mereka tawarkan sudah termasuk BBM, tol, parkir, driver, dan juga biaya makan untuk driver yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui berapa kisaran dana perlu dipersiapkan dan tidak kaget dengan biaya-biaya tambahan yang tidak diinformasikan sebelumnya. 

Syarat & Ketentuan Jelas

Di halaman website perusahaan rental mobil biasanya akan tersedia halaman Syarat dan Ketentuan yang berisi semua informasi penting yang dibutuhkan pelanggan sebelum mereka menggunakan layanan sewa mobil. Perusahaan rental mobil yang profesional tentu akan menyediakan informasi terkait syarat, ketentuan, dan risiko penggunaan yang dijelaskan secara mendetail untuk menghindari kesalahpahaman dengan pelanggan saat mereka menggunakan layanan yang ditawarkan.


Memahami informasi tersebut mungkin terlihat sedikit rumit, namun pada kenyataannya info syarat dan ketentuan akan sangat bermanfaat bagi para pelanggan. Beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda ketahui seperti syarat sewa kendaraan (dengan driver atau lepas kunci), cara pembayaran, ketentuan pembatalan, ketentuan penggantian kendaraan jika terjadi kerusakan, ketentuan ekstensi atau perpanjang masa sewa, dan lain-lain.

Tips Tambahan Agar Aman Saat Menggunakan Mobil Rental

Agar Anda bisa menggunakan mobil rental dengan aman, maka sebelum Anda menggunakan jasa rental mobil, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil yang akan digunakan. Anda dapat memeriksa mulai dari bagian mesin, eksterior, dan interior di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat menilai dan memahami apakah mobil tersebut layak untuk digunakan. 


Selain itu, Anda juga bisa menanyakan mengenai riwayat penggunaan mobil tersebut kepada perusahaan penyedia jasa rental mobil. Jangan ragu untuk menanyakan apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau kendala lain selama penggunaan sebelumnya. Tanyakan juga apakah mobil-mobil yang disewakan rutin mendapatkan perawatan dengan baik atau tidak. Selanjutnya, jika Anda ingin menggunakan layanan lepas kunci atau tanpa driver, maka Anda juga perlu menanyakan kelengkapan surat kendaraan agar bisa berkendara dengan nyaman dan aman.


Jika Anda saat ini sedang mencari layanan rental mobil profesional baik perusahaan maupun perorangan dengan pelayanan yang berkualitas, Anda bisa mengandalkan Carirental.com. Kami menyediakan beragam informasi jenis mobil dari berbagai kategori yang bisa Anda sewa.